Imunitas TubuhTerjaga, Faktor Apa Saja Yang Diperlukan ?

Untuk mendapatkan kondisi tubuh terjaga hingga tetap optimal,  hingga dapat mendukung tubuh beradaptasi dengan berbagai macam virus dan penyakit, dibutuhkan imunitas yang tangguh

Agar imunitas yang terjaga, tubuh  memerlukan beragam asupan gizi, salah satunya protein hewani yang tentunya dikonsumsi sesuai dengan pedoman gizi seimbang.

Demikian dinyatakan  oleh Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan (PKGK) FKM Universitas Indonesia Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D, di acara diskusi bertajuk “Building Strong Family pas #DiRumahAja: Gizi Seimbang, Aktif dan Bahagia”, yang digelar PT Frisian Flag Indonesia (FFI),  perusahaan produk bernutrisi, akhir bulan April 2020, lalu.

Diskusi yang membahas pentingnya kesadaran menjaga dan meningkatkan kesehatan diri dan pikiran di tengah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta dan sejumlah wilayah di Indonesia, Ahmad Syafiq melengkapi penjelasannya,  bahwa protein hewani dengan kandungan asam amino esensial memiliki bermacam fungsi.

“Salah satunya untuk memperbaiki sel yang rusak serta menjaga imunitas. Sumber protein hewani dapat ditemui dari berbagai sumber, misalnya susu dan telur,” jelas Ahmad Syafiq. Tambahnya, selain protein hewani, vitamin dan mineral serta air juga tidak boleh dilupakan.

Diskusi daring yang juga menghadirkan pembicara  Psikolog Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, dan dokter, influencer, sekaligus pegiat olahraga dr. Falla Adinda, Ahmad Syafiq melengkapi keterangannya,  bahwa susu bersama dengan telur, merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik karena mudah diserap tubuh dan komposisi asam amino esensialnya lengkap.

Dikatakan, susu mengandung beberapa sumber zat gizi penting untuk mendukung berfungsinya sistem imun, seperti asam amino esensial, vitamin B6 (piridoksin), vitamin B12 (kobalamin), zinc, selenium, dan vitamin D3. Vitamin D3 sangat baik  konsumsi di bulan puasa ini karena dapat membantu proses penyerapan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh saat kita berpuasa seharian penuh. Selain dari makanan, paparan sinar matahari pagi terbilang  penting karena membantu mengubah pro vitamin D dalam tubuh kita menjadi vitamin D.

Diselenggarakannya diskusi bertajuk “Building Strong Family pas #DiRumahAja: Gizi Seimbang, Aktif dan Bahagia”, yang membahas pentingnya kesadaran menjaga dan meningkatkan kesehatan diri dan pikiran di tengah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta dan sejumlah wilayah di Indonesia, Corporate Affairs Director FFI, Andrew F. Saputro mengatakan bahwa  kondisi fisik dan psikologis memamnglah menjadi poin penting di tengah berlangsungnya kebijakan PSBB. Pasalnya, PSBB menjadikan kita untuk mengubah pola kerja yang semula di kantor menjadi work from home maupun school from home bagi anak.

‘Hal ini tentunya berdampak secara fisik, psikologis maupun pola asuh bagi keluarga di rumah. Maka melalui forum diskusi ini, FFI berharap dapat memberikan informasi bagaimana menyiasati pola asuh keluarga dibarengi kewajiban bekerja dari rumah bagi orangtua maupun sekolah dari rumah bagi anak. Selain pola asuh, FFI juga turut berbagi informasi mengenai asupan gizi seimbang dan gaya hidup sehat bagi seluruh keluarga Indonesia di saat penerapan PSBB ini. Hal ini  sejalan dengan salah satu visi Perusahaan yaitu menyediakan produk bernutrisi yang baik bagi keluarga Indonesia,” ujar Andrew F. Saputro.

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok. FFI/Iris PR